Tips Menghadapi Anak Nakal

Terkadang anda merasa dalam posisi yang sulit, jikalau melihat anak sendiri melaksanakan perbuatan nakal, mencuri, suka memukul sahabat sahabat disekolah. Entah itu pembangkang alasannya yaitu terpengaruh oleh teman-temannya di sekolah atau memang beliau tergolong anak yang hiperaktif.
Nah apa yang sebaiknya anda perbuat untuk menghadapi anak yang demikian ? Baiklah, kali ini saya akan memberikan tips dalam menghadapi anak yang nakal.

  • Jika Anda mendengar atau mengetahui dengan apa yang beliau lakukan, tetaplah hening dan jangan marah-marah atau memukul anak. Berilah pengarahan, bahwa apa yang beliau lakukan itu dihentikan dilakukan.
  • Meskipun itu yaitu anak Anda sendiri, sebaiknya jangan terlalu melindungi. Tetaplah obyektif.
  • Jika memang anak berbuat salah, jangan ragu untuk menyuruhnya meminta maaf kepada temannya dan jangan pula ragu untuk menawarkan eksekusi padanya.
  • Komunikasilah dengan anak dengan penuh kasih sayang. Beri waktu pada anak untuk berjalan berdua dengan anda, ajak atau pancing mereka untuk membuka diri dan mengutarakan apa masalahnya atau harapan dia. Beri pengertian mengenai perbuatannya selama ini.
  • Anda juga harus memperhatikan anak anda. Jangan biarkan anak lain mengganggu anak anda.
  • Jangan ragu untuk berhubungan dengan pihak sekolah, jangan takut kalau anak anda menerima sangsi, justru jikalau tidak ada kerjasama, anak sanggup tambah pembangkang atau sulit dikendalikan contohnya jadi melaksanakan perbuatan pembangkang lain ibarat drug atau narkoba alasannya yaitu terpengaruh dengan temen sekolahnya.
    Berikan kesibukan lain, ibarat baca majalah, bacaan buku, menulis cerita, blog, olah raga. Anda juga sanggup meminta pendapat anak, apa yang menjadi hobinya, tentu saja acara yang positif.
  • Jika memang anak tetap pembangkang dan dilakukan secara berulang ulang, janganlah ragu untuk melibatkan pihak ketiga, psikolog, guru BP turut serta membimbing anak.

Berbagai Sumber

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghadapi Anak Nakal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel