Kesalahan Mendidik Anak (Chapt 4)

Kesalahan Mendidik Anak (chapt 3) yang merupakan buah goresan pena seputar pendidikan anak. Sangatlah baik untuk menjadi pertimbangan kita dalam mendidik dan melindungi belum dewasa supaya sesuai dengan impian kita.


ORANGTUA tak seharusnya menempatkan posisi sebagai pihak yang selalu benar. Menerima kritik dan saran dari anak menjadi tanda bahwa orangtua tumbuh matang bersama kedewasaan berpikir anak.

Beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan orangtua dalam mendidik anak, di antaranya:

Terlalu banyak membaca buku pengasuhan anak
Buku parenting bisa menjadi persoalan saat orangtua menggannti kemampuan mereka sendiri dalam mengasuh anak dan menyebabkan buku tersebut sebagai semacam kitab suci. Sebaliknya, luangkan waktu ekstra untuk berbicara dengan pasangan maupun anak, guna mendapat titik terperinci mengenai apa yang paling penting dalam kehidupan keluarga Anda.

Menggunakan kekerasan
Mendidik anak dengan kedisiplinan memang perlu, namun bukan berarti dengan cara menghukumnya terlalu keras saat ia melaksanakan kesalahan. Anak malah akan menjadi membenci orangtua dan tidak betah di rumah. Dia pun akan mencari ketenangan di luar rumah. Dekati dan rangkul anak saat berbuat kesalahan.

Meributkan hal kecil
Orangtua memaksakan anak untuk melebihi temannya yang lain dan selalu mengharuskan menjadi yang terbaik. Kegagalan suatu hal yang tidak sanggup ditolerir. Seharusnya, orangtua membiarkan anak untuk mencicipi kegagalan supaya sanggup mengambi hikmah dari pengalamannya.

Menutup mata pada hal besar
Selalu menganggap anaknya polos dan mustahil tercemar oleh dunia luar. Padahal, mungkin saja anak tengah terlibat dalam narkoba atau tindakan menyimpang lain. Jangan menutup mata kalau Anda mewaspadai anak berbuat yang tidak menyerupai biasanya. Jangan hingga ia makin larut dalam kesalahan.

source >> Koran SI/Koran SI/ftr


Berbagai Sumber

Belum ada Komentar untuk "Kesalahan Mendidik Anak (Chapt 4)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel