Buku PAI Guru dan Siswa Kelas 12 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2018
Berikut ini adalah berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013. Download file format PDF.
Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013:
Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qurãn bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Nabi Muhammad saw. Bersabda,”Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR.Abu Daud dan Imam Ahmad). Nabi Muhammad saw. juga bersabda,”Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya”(HR.Imam Ahmad). Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada akhlak yang mulia dan kepada pembentukan peserta didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesama muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta.
Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII ini ditulis dengan semangat seperti tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang berhubungan dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur hubungan antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, materi buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh peserta didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan ajaran agamanya.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Isi materi pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 ini antara lain:
Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qurãn bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Nabi Muhammad saw. Bersabda,”Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR.Abu Daud dan Imam Ahmad). Nabi Muhammad saw. juga bersabda,”Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya”(HR.Imam Ahmad). Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada akhlak yang mulia dan kepada pembentukan peserta didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesama muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta.
Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII ini ditulis dengan semangat seperti tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang berhubungan dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur hubungan antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, materi buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh peserta didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan ajaran agamanya.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Isi materi pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 ini antara lain:
Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
Membuka Relung Kalbu
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
C. Periode Hari Akhir
D. Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
E. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
F. Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 2 Menyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qadā dan Qadar
C. Kaitan antara Beriman kepada Qadā dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
D. Hikmah Beriman kepada Qadā dan Qadar
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 serta Hadis tentang Berpikir Kritis
C. Menyajikan Keterkaitan antara Berpikir Kritis dengan Ciri Orang Berakal (Ulil Albab) sesuai Pesan Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 . 50
D. Manfaat Berpikir Kritis
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
C. Periode Hari Akhir
D. Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
E. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
F. Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 2 Menyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qadā dan Qadar
C. Kaitan antara Beriman kepada Qadā dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
D. Hikmah Beriman kepada Qadā dan Qadar
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 serta Hadis tentang Berpikir Kritis
C. Menyajikan Keterkaitan antara Berpikir Kritis dengan Ciri Orang Berakal (Ulil Albab) sesuai Pesan Q.S. Āli -Imrān/3: 190-191 . 50
D. Manfaat Berpikir Kritis
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Bersatu dalam Keragaman
C. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 159 dan Hadis terkait tentang Bersikap Demokratis
D. Demokrasi dan Syūrā
E. Keterkaitan antara Demokrasi dengan Sikap Tidak Memaksakan Kehendak sesuai Pesan Q.S. Āli-Imrān/3:159 dan Hadis Terkait
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Rangkuman
Evaluasi
Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Bersatu dalam Keragaman
C. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. Āli -Imrān/3: 159 dan Hadis terkait tentang Bersikap Demokratis
D. Demokrasi dan Syūrā
E. Keterkaitan antara Demokrasi dengan Sikap Tidak Memaksakan Kehendak sesuai Pesan Q.S. Āli-Imrān/3:159 dan Hadis Terkait
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 5 Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi makna Q.S. Luqmān/31:13-14 dan Hadis tentang Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt.
C. Kaitan antara Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dalam Q.S. Luqmān/31: 13-14 93
D. Hikmah dan Manfaat Beribadah dan Bersyukur Kepada Allah Swt.
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 6 Meraih Kasih Allah Swt. dengan Ihsān
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. al-Baqarāh/2:83 tentang Berbuat Baik kepada Sesama dan Hadis Terkait
C. Keterkaitan Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dengan Berbuat Baik terhadap Sesama Manusia sesuai Q.S. al-Baqārah/2:83
D. Hikmah dan Manfaat Ihsān
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 7 Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Pernikahan dalam Islam
C. Prinsip-Prinsip Pernikahan dalam Islam
D. Pernikahan Menurut Undang-undang Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974)
E. Hak dan Kewajiban Suami Istri
F. Hikmah Pernikahan
Menerapkan Perilaku Mulya
Bab 7 Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Pernikahan dalam Islam
C. Prinsip-Prinsip Pernikahan dalam Islam
D. Pernikahan Menurut Undang-undang Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974)
E. Hak dan Kewajiban Suami Istri
F. Hikmah Pernikahan
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Evaluasi
Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Waris dalam Islam
C. Dasar-Dasar Hukum Waris
D. Ketentuan Mawaris dalam Islam
E. Mempraktikkan Pelaksanaan Pembagian Waris dalam Islam
F. Manfaat Hukum Waris Islam
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
C. Strategi Dakwah Islam di Indonesia
D. Perkembangan Dakwah Islam di Indonesia
E. Kerajaan Islam di Indonesia
F. Gerakan Pembaruan Islam di Indonesia
G. Nilai-Nilai Keteladanan Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
H. Menjunjung Tinggi Kerukunan dalam Kehidupan Sehari-hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
C. Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
C. Strategi Dakwah Islam di Indonesia
D. Perkembangan Dakwah Islam di Indonesia
E. Kerajaan Islam di Indonesia
F. Gerakan Pembaruan Islam di Indonesia
G. Nilai-Nilai Keteladanan Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
H. Menjunjung Tinggi Kerukunan dalam Kehidupan Sehari-hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
C. Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
D. Masa Kemunduran Peradaban Islam di Dunia
E. Menjujung Tinggi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin sebagai Pemicu Kemajuan Peradaban Islam di Masa yanag akan Datang
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Perilaku Bekerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Korelasi antara Perilaku Kerja Keras, Jujur, Tanggung Jawab, Adil, dan Toleransi dalam Kehidupan Sehari Hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
E. Menjujung Tinggi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin sebagai Pemicu Kemajuan Peradaban Islam di Masa yanag akan Datang
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Perilaku Bekerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Korelasi antara Perilaku Kerja Keras, Jujur, Tanggung Jawab, Adil, dan Toleransi dalam Kehidupan Sehari Hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Download Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SMA/MA SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018
Download File:
Buku Guru PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf
Buku Siswa PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SMA/MA dan SMK/MAK sederajat Kelas 12 Edisi Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.
Untuk buku kurikulum 2013 untuk guru dan siswa kelas 12 pelajaran lainnya (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PAI, PPKn, Sejarah, dan lain-lain) silahkan anda lihat dan unduh:
Buku Pegangan Guru dan Siswa SMA MA SMK MAK Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Belum ada Komentar untuk "Buku PAI Guru dan Siswa Kelas 12 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2018"
Posting Komentar