Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013
Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013. Buku sekolah elektronik atau buku sekolah digital ini merupakan buku pegangan guru mata pelajaran dan pegangan siswa sebagai salah satu sumber media pembelajaran pada Kurikulum 2013 SD.
Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013
Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar dalam Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013:
Tentang Buku Panduan Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator dari berbagai mata pelajaran.
- Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
- Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
- Berbagai teknik penilaian siswa.
- Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
- Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
- Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
- Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
- Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru?
Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
- Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
- Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
- Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
- Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
- Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
- Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar dan sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
- Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
- Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
- Kembangkanlah keterampilan berikut ini: a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
- Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
- Pada semester I terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema dan Kegiatan Berbasis Proyek. Setiap subtema maupun kegiatan berbasis proyek diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
- Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
- Pada akhir subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber-sumber yang lain.
- Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.
- Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
- Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa, sangat dibutuhkan.
- Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi informasi tentang aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.
Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
- Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
- Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
- Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif- alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam buku panduan guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
- Buku Kelas III terdiri dari delapan tema. Setiap tema terdiri dari tiga subtema dan satu kegiatan berbasis proyek. Tiap subtema dan kegiatan berbasis proyek diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada buku panduan guru.
- Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut: • Mengamati: Ayo amati, Ayo membaca, Ayo mendengarkan, Ayo menyimak. • Menanya: Ayo cari tahu. • Mencoba: Ayo lakukan, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo berkarya, Ayo bernyanyi, Ayo bermain peran, Ayo peragakan. • Menalar: Ayo berdiskusi, Ayo pikirkan, Ayo renungkan, Ayo simpulkan, Ayo cari tahu. • Mengomunikasikan : Ayo ceritakan, Ayo presentasikan, Ayo sajikan.
- Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.
- Buku siswa berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber.
- Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.
- Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
- Lembar latihan merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan untuk melatih daya pikir siswa. Guru dapat mengembangkan materi latihan sendiri sesuai dengan kebutuhan.
Download Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013
Selengkapnya mengenai Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh file melalui link di bawah ini:
Download File:
Buku Guru:
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 2 Perkembangan Teknologi.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 3 Perubahan di Alam.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 4 Peduli Lingkungan Sosial.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 5 Permainan Tradisional.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 6 Indahnya Persahabatan.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 7 Energi dan Perubahannya.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Tematik 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Guru Kelas 3 SD Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.pdf
Buku Siswa:
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 2 Perkembangan Teknologi.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 3 Perubahan di Alam.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 4 Peduli Lingkungan Sosial.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 5 Permainan Tradisional.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 6 Indahnya Persahabatan.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 7 Energi dan Perubahannya.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Tematik 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.pdf
- Buku Siswa Kelas 3 SD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013"
Posting Komentar